Mengapa Anjing Tidak Tersesat?

Hewan mamalia yang satu ini tentu sudah sangat populer. Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi atau proses penjinakan dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu bahkan sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Anjing merupakan hewan sosial. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain.

Berdasarkan jenis makanannya, anjing termasuk hewan karnivora atau pemakan daging. Walaupun ada yang berpendapat anjing juga termasuk omnivora atau pemakan segala... Perdebatan tentang apakah anjing termasuk karnivora atau omnivora sepertinya akan terus berlanjut. Bukti Ilmiah secara jelas menunjukkan Fakta bahwa:
Anjing Memiliki Kecenderungan Karnivora Secara Alami dan Tidak Terbantahkan. Seperti disebutkan diawal, dari Penelitian DNA, bahwa anjing berevolusi secara langsung dari serigala jenis timber wolf sekitar 15.000 tahun yang lalu. Dan, tentu saja, bukan hal yang mengejutkan lagi. Serigala jelas adalah Karnivora.

Anjing Tidak Makan dengan Cara Menghaluskan (Grind) tapi dengan Cara Memotong (chop). Tidak seperti ciri khas herbivora yang mengunyah secara luas dari satu sisi ke sisi lain serta memiliki gigi belakang yang lebar, datar yang ideal untuk menghaluskan biji-bijian dan tumbuhan menjadi partikel yang lebih halus, di sisi lain, tidak memiliki gigi datar. Seperti semua karnivora, mereka memiliki gigi belakang yang kecil dan runcing. Ditambah lagi, anjing tidak bisa mengunyah dari sisi ke sisi seperti herbivora. Rahang mereka hanya bisa bergerak dengan gerakan naik-turun, gerakan memotong. Ini adalah kombinasi yang sempurna untuk memotong daging menjadi potongan kecil.

Tapi kita tidak akan membahas tentang apakah anjing termasuk karnivora atau omnivora. Pertanyaannya adalah "Mengapa Anjing Tidak Tersesat?"

Anjing lebih cerdas daripada kebanyakan binatang lainnya. Seperti disebutkan diawal bahwa anjing dapat atau bahkan mudah dilatih dan dapat dipakai sebagai anjing penjaga. Ketika dalam keadaan bahaya, anjing menjadi sangat liar. Walaupun demikian, anjing itu tidak membahayakan pemiliknya. Saat menghadapi ancaman, anjing rela mempertaruhkan nyawanya demi keselamatan pemilik atau majikannya.

Anjing yang dipelihara dengan baik biasanya dibuatkan kandang. Anjing juga suka berputar-putar didepan kandangnya. Hal ini dilakukan agar anjing mengetahui keadaan di sekitar kandang. Ketika keluar kandang, maka anjing akan melakukan sesuatu. Apakah itu? Apa yang dilakukan anjing ketika keluar rumah/kandangnya?

Ternyata sambil berjalan kadang anjing mengeluarkan air kencingnya sedikit demi sedikit untuk memberi tanda di jalan yang dilaluinya dengan menggunakan air kencingnya itu. Mengapa anjing menggunakan air kencingnya dan tidak menggunakan yang lain misal air liurnya atau tinjanya? Ternyata air kencing ini sangat mudah untuk dikenali oleh indera penciumannya. Penciuman anjing sangatlah tajam. Sambil sesekali mencium jalan ketika pulang, anjing akan menemukan jalan yang sudah dilewatinya. Meskipun jaraknya jauh bahkan saatr malam hari, anjing tetap tidak akan tersesat. Tuhan telah memberinya insting yang tajam.

Selain penciumannya yang luar biasa, anjing juga memiliki kelebihan pada indera pendengarannya. Anjing bisa mendengar suara frekuensi rendah 16Hz hingga 70KHz. (Manusia hanya mendengar frekuensi 20Hz-20 KHz), Jumlah lebar frekuensi ini termasuk cukup bagus, namun masih kalah dari pendengaran kucing. Selain itu, anjing bisa menggerak-gerakkan daun telinga agar cepat bisa menentukan lokasi sumber suara yang sebenarnya. Lebih dari 18 otot pada daun telinga memungkinkan anjing memiringkan, memutar, menidurkan, atau menegakkan daun telinga. Anjing mampu menentukan sumber suara lebih cepat dari manusia, sekaligus bisa mendengar suara yang sumbernya empat kali lebih jauh yang dapat didengar manusia. Anjing dengan daun telinga berbentuk alami (tegak seperti daun telinga serigala) biasanya memiliki pendengaran yang lebih baik daripada anjing berdaun telinga jatuh seperti terdapat pada banyak spesies hasil domestikasi.

langganan via email

0 Response to "Mengapa Anjing Tidak Tersesat?"

Post a Comment